Muhammadiyah
Muhammadiyah merupakan salah satu orgnisasi Islam pembaharu di
Indonesia. Gerakan Muhammadiyah yang dibangun oleh K.H. Ahmad Dahlan
sesungguhnya merupakan salah satu mata rantai yang panjang dari gerakan
pembaharuan Islam yang dimulai sejak tokoh pertamanya, yaitu Ibnu Taimiyah,
Ibnul Qayyim al-Jauziyah, Muhammad bin Abdul Wahab, Sayyid Jamaludin al-Afghani,
Muhammad Abduh, Rasyid Ridha, dan sebagainya. Pengaruh gerakan pembaharuan
tersebut terutama berasal dari Muhammad Abduh melalui tafsirnya,
al-Manar, suntingan dari Rasyid Ridha serta majalah al-Urwatul
Wustqa.
Tokoh Pendirinya
Pendiri Muhammadiyah adalah K.H. Ahmad Dahlan. Ia lahir di
Kampung Kauman, Yogyakarta, tahun 1868 M dengan nama Muhammad Darwis. Ayahnya
adalah K.H. Abubakar, seorang Khotib masjid Besar Kesultanan Yogyakarta, yang
apabila dilacak silsilahnya sampai kepada Maulana Malik Ibrahim. Ibunya bernama
Siti Aminah, putri K.H. Ibrahim, Penghulu kesultanan Yogyakarta. Jadi, kedua
orang tua K.H. Ahmad Dahlan juga merupakan keturunan ulama.
Meskipun Muhammad Darwis berasal dari kalangan keluarga yang
cukup terkemuka, tetapi ia tidak sekolah di Gubernemen (waktu itu), melainkan
diasuh dan dididik mengaji Alquran dan dasar-dasar ilmu agama Islam oleh ayahnya
sendiri di rumah. Hal itu karena pada waktu itu ada suatu pendapat umum bahwa
barangsiapa memasuki sekolah Gubernemen, maka dianggap kafir atau Kristen.
Pada usia delapan tahun ia telah lancar membaca Alquran hingga
khatam. Kemudian ia belajar fikih kepada K.H. Muhammad Shaleh, dan nahwu kepada
K.H. Muhsin. Keduanya adalah kakak ipar Muhammad Darwis sendiri. Ia juga berguru
kepada K.H. Muhammad Nur dan K.H. Abdul Hamid dalam berbagai ilmu.
Pada tahun 1889 M ia dinikahkan dengan saudara sepupunya, Siti
Walidah, putri K.H. Muhammad Fadil, Kepala Penghulu Kesultanan Yogyakarta.
Beberapa bulan setelah pernikahannya, atas anjuran ayah bundanya, Muhammad
Darwis menunaikan ibadah haji. Ia tiba di Mekah pada bulan Rajab 1308 H (1890
M). Setelah menunaikan umrah, Ia bersilaturahmi dengan para ulama, baik dari
Indonesia maupun Arab. Di antaranya, ia mendatangi ulama mazhab Syafi'i Bakri
Syata' dan mendapat ijazah nama Haji Ahmad Dahlan. Ia telah berganti nama, dan
juga bertamabah ilmunya. Sepulang dari ibadahnya itu, ia membantu ayahnya
mengajar santri-santri remaja. Sehingga, ia mendapat sebutan K.H. Ahmad
Dahlan.
Pada tahun 1896 M ia diangkat menjadi khotib di masjid Besar
oleh kesultanan Yogyakarta dengan gelar "khotib amin". Ia juga berdagang batik
ke kota-kota di Jawa. Ia pernah diberi modal oleh orang tuanya sebanyak F. 500,-
pada tahun 1892, tetapi sebagian besar digunakan untuk membeli kitab-kitab
Islam. Dalam perjalanan dagang itu, ia selalu bersilaturahmi kepada para ulama
setempat dan membicarakan perihal agama Islam dan masyarakatnya. Perjalanan
demikian bertujuan untuk mempelajari sebab-sebab kemunduran kaum muslimin dan
mencari jalan keluar untuk mengatasinya.
Tahun 1909 K.H. Ahmad Dahlan bertemu dengan Dr. Wahidin
Sudirohusodo di Ketandan, Yogyakarta. Ia menanyakan berbagai hal tentang
perkumpulan Budi Utomo dan tujuannya. Setelah mendengarkan penjelasan darinya,
ia ingin bergabung dengan organisasi tersebut. Ia mulai belajar berorganisasi.
Pada tahun 1910, ia pun menjadi anggota ke-770 perkumpulan Jami'at Khair
Jakarta. Ia tertarik kepada organisasi ini karena organisasi ini telah lebih
awal membangun sekolah-sekolah agama dan bahasa Arab, disamping bergerak dalam
bidang sosial dan giat membina hubungan dengan pemimpin-pemimpin di
negara-negara Islam yang telah maju. Dari pengalamannnya yang ia dapatkan, ia
menyadari bahwa usaha perbaikan masyarakat itu tidak mudah jika dilaksanakan
sendirian, melainkan dengan berorganisasi bekerja sama dengan banyak orang.
Berdirinya Muhammadiyah
Suatu ketia Ia menyampaikan usaha pendidikan setalah selesai
menyampaikan santapan rohani pada rapat pengurus Budi Utomo cabang Yogyakarta.
Ia menyampaikan keinginan mengajarkan agama Islam kepada para siswa Kweekschool
Gubernamen Jetis yang dikepalai oleh R. Boedihardjo, yang juga pengurus Budi
Utomo. Usul itu disetujui, dengan syarat di luar pelajaran resmi. Lama-lama
peminatnya banyak, hingga kemudian mendirikan sekolah sendiri. Di antara para
siswa Kweekschool Jetis ada yang memperhatikan susunan bangku, meja, dan papan
tulis. Lalu, mereka menanyakan untuk apa, dijawab untuk sekolah anak-anak Kauman
dengan pelajaran agama Islam dan pengetahuan sekolah biasa. Mereka tertarik
sekali, dan akhirnya menyarankan agar penyelelenggaraan ditangani oleh suatu
organisasi agar berkelanjutan sepeninggal K.H. Ahmad Dahlan kelak.
Sebenarnya, mengenai pendirian sekolah itu telah dibicarakan
dan dibantu oleh pengurus Budi Utomo. Setelah pelaksanaan penyelenggaraan
sekolah itu sudah mulai teratur, kemudian dipikirkan tentang organisasi
pendukung terselenggaranya kegiatan sekolah itu. Dipilihlah nama "Muhammadiyah"
sebagai nama organisasi itu dengan harapan agar para anggotanya dapat hidup
beragama dan bermasyarakat sesuai dengan pribadi Nabi Muhammad Shallallahu
'alaihi wa sallam. Penyusunan anggaran dasar Muhamadiyah banyak mendapat bantuan
dari R. Sosrosugondo, guru bahasa Melayu Kweekschool Jetis. Rumusannya dibuat
dalam bahasa melayu dan Belanda. Kesepakatan bulat pendirian Muhamadiyah terjadi
pada tanggal 18 November 1912 M atau 8 Dzulhijjah 1330 H. Tgl 20 Desember 1912
diajukanlah surat permohonan kepada Gubernur Jenderal Hindia Belanda, agar
perserikatan ini diberi izin resmi dan diakui sebagai suatu badan hukum. Setelah
memakan waktu sekitar 20 bulan, akhirnya pemerintah Hindia Belanda mengakui
Muhammadiyah sebagai badan hukum, tertung dalam Gouvernement Besluit tanggal 22
Agustus 1914, No. 81, beserta alamporan statuennya.
Arti Muhammadiyah
- Arti Bahasa (Etimologis)
Muhamadiyah berasal dari kata bahasa Arab "Muhamadiyah", yaitu nama nabi dan rasul Allah yang terkhir. Kemudian mendapatkan "ya" nisbiyah, yang artinya menjeniskan. Jadi, Muhamadiyah berarti "umat Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam" atau "pengikut Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam", yaitu semua orang Islam yang mengakui dan meyakini bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam adalah hamba dan pesuruh Allah yang terakhir.
- Arti Istilah (Terminologi)
Secara istilah, Muhamadiyah merupakan gerakan Islam, dakwah amar makruf nahi munkar, berakidah Islam dan bersumber pada Alquran dan as-Sunnah, didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 H, bertepatan 18 November 1912 Miladiyah di kota Yogyakarta.
Gerakan ini diberi nama Muhammadiyah oleh pendirinya dengan maksud untuk berpengharapan baik, dapat mencontoh dan meneladani jejak perjuangan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam, semata-mata demi terwujudnya 'Izzul Islam wal Muslimin, kejayaan Islam sebagai realita dan kemuliaan hidup umat Islam sebagai realita.
Maksud dan Tujuan Muhammadiyah
Rumusan maksud dan tujuan Muhammadiyah sejak berdiri hingga
sekarang ini telah mengalami beberapa kali perubahan redaksional, perubahan
susunan bahasa dan istilah. Tetapi, dari segi isi, maksud dan tujuan
Muhammadiyah tidak berubah dari semula.
Pada waktu pertama berdirinya Muhamadiyah memiliki maksud dan
tujuan sebagi berikut:
- Menyebarkan pengajaran Kanjeng Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam
kepada penduduk bumi-putra, di dalam residensi Yogyakarta.
- Memajukan hal agama Islam kepada anggota-anggotanya.
Hingga tahun 2000, terjadi tujuh kali perubahan redaksional
maksud dan tujuan Muhamadiyah. Dalam muktamarnya yang ke-44 yang diselenggarakan
di Jakarta bulan Juli 2000 telah ditetapkan maksud dan tujuan Muhamadiyah, yaitu
Menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat utama,
adil dan makmur yang diridhai Allah Subhanahu wa Ta'ala.
Amal Usaha Muhammadiyah
Usaha yang pertama melalui pendidikan, yaitu dengan mendirikan
sekolah Muhammadiyah. Selain itu juga menekankan pentingnya pemurnian tauhid dan
ibadah, seperti:
- Meniadakan kebiasaan menujuhbulani (Jawa: tingkeban), yaitu selamatan
bagi orang yang hamil pertama kali memasuki bulan ke tujuh. Kebiasaan ini
merupakan peninggalan dari adat-istiadat Jawa kuno, biasanya diadakan dengan
membuat rujak dari kelapa muda yang belum berdaging yang dikenal dengan nama
cengkir dicampur dengan berbagai bahan lain, seperti buah delima, buah
jeruk, dan lain-lain. Masing-masing daerah berbeda-beda cara dan macam upacara
tujuh bulanan ini, tetapi pada dasarnya berjiwa sama, yaitu dengan maksud
mendoakan bagi keselamatan calon bayi yang masih berada dalam kandungan itu.
- Menghilangkan tradisi keagamaan yang tumbuh dari kepercayaan Islam sendiri,
seperti selamatan untuk menghormati Syekh Abdul Qadir Jaelani, Syekh Saman, dll
yang dikenal dengan manakiban. Selain itu, terdapat pula kebiasaan
membaca barzanji, yaitu suatu karya puisi serta syair-syair yang
mengandung banyak pujaan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam yang
disalahartikan. Dalam acara-acara semacam ini, Muhammadiyah menilai, ada
kecenderungan yang kuat untuk mengultusindividukan seornag wali atau nabi,
sehingga hal itu dikhawatirkan dapat merusak kemurnian tauhid. Selain itu, ada
juga acara yang disebut "khaul", atau yang lebih populer disebut khal,
yaitu memperingati hari dan tanggal kematian seseorang setiap tahun sekali,
dengan melakukan ziarah dan penghormatan secara besar-besaran terhadap arwah
orang-orang alim dengan upacara yang berlebih-lebihan. Acara seperti ini oleh
Muhammadiyah juga dipandang dapat mengeruhkan tauhid.
- Bacaan surat Yasin dan bermacam-macam zikir yang hanya khusus dibaca pada
malam Jumat dan hari-hari tertentu adalah suatu bid'ah. Begia ziarah hanya pada
waktu-waktu tertentu dan pada kuburan tertentu, ibadah yang tidak ada dasarnya
dalam agama, juga harus ditinggalkan. Yang boleh adalah ziarah kubur dengan
tujuan untuk mengingat adanya kematian pada setiap makhluk Allah.
Mendoakan kepada orang yang masih hidup atau yang sudah mati dalam Islam sangat dianjurkan. demikian juga berzikir dan membaca Alquran juga sangat dianjurkan dalam Islam. Akan tetapi, jika di dalam berzikir dan membaca Alquran itu diniatkan untuk mengirim pahala kepada orang yang sudah mati, hal itu tidak berdasa pada ajaran agama, oleh karena itu harus ditinggalkan. Demikian juga tahlilan dan selawatan pada hari kematian ke-3, ke-7, ke-40, ke-100, dan ke-1000 hari, hal itu merupakan bid'ah yang mesti ditinggalkan dari perbuatan Islam. Selain itu, masih banyak lagi hal-hal yang ingin diusahakan oleh Muhammadiyah dalam memurnikan tauhid.
Perkembangan Muhammadiyah
1. Perkembanngan secara Vertikal
Dari segi perkembangan secara vertikal, Muhammadiyah telah berkembang ke seluruh penjuru tanah air. Akan tetapi, dibandingkan dengan perkembangan organisasi NU, Muhammadiyah sedikit ketinggalan. Hal ini terlihat bahwa jamaah NU lebih banyak dengan jamaah Muhammadiyah. Faktor utama dapat dilihat dari segi usaha Muhammadiyah dalam mengikis adat-istiadat yang mendarah daging di kalangan masyarakat, sehingga banyak menemui tantangan dari masyarakat.
Dari segi perkembangan secara vertikal, Muhammadiyah telah berkembang ke seluruh penjuru tanah air. Akan tetapi, dibandingkan dengan perkembangan organisasi NU, Muhammadiyah sedikit ketinggalan. Hal ini terlihat bahwa jamaah NU lebih banyak dengan jamaah Muhammadiyah. Faktor utama dapat dilihat dari segi usaha Muhammadiyah dalam mengikis adat-istiadat yang mendarah daging di kalangan masyarakat, sehingga banyak menemui tantangan dari masyarakat.
2. Perkembangan secara Horizontal
Dari segi perkembangan secara Horizontal, amal usaha Muhamadiyah telah banyak berkembang, yang meliputi berbagai bidang kehidupan.
Dari segi perkembangan secara Horizontal, amal usaha Muhamadiyah telah banyak berkembang, yang meliputi berbagai bidang kehidupan.
Perkembangan Muhamadiyah dalam bidang keagamaan terlihat dalam
upaya-upayanya, seperti terbentukanya Majlis Tarjih (1927), yaitu lembaga yang
menghimpun ulama-ulama dalam Muhammadiyah yang secara tetap mengadakan
permusyawaratan dan memberi fatwa-fatwa dalam bidang keagamaan, serta memberi
tuntunan mengenai hukum. Majlis ini banyak telah bayak memberi manfaat bagi
jamaah dengan usaha-usahanya yang telah dilakukan:
- Memberi tuntunan dan pedoman dalam bidang ubudiyah sesuai dengan contoh yang
telah diberikan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.
- Memberi pedoman dalam penentuan ibadah puasa dan hari raya dengan jalan
perhitungan "hisab" atau "astronomi" sesuai dengan jalan perkembangan ilmu
pengetahuan modern.
- Mendirikan mushalla khusus wanita, dan juga meluruskan arah kiblat yang ada
pada amasjid-masjid dan mushalla-mushalla sesuai dengan arah yang benar menurut
perhitungan garis lintang.
- Melaksanakan dan menyeponsori pengeluaran zakat pertanian, perikanan,
peternakan, dan hasil perkebunan, serta amengatur pengumpulan dan pembagian
zakat fitrah.
- Memberi fatwa dan tuntunan dalam bidang keluarga sejahtera dan keluarga
berencana.
- Terbentuknya Departemen Agama Republik Indonesia juga termasuk peran dari
kepeloporan pemimpin Muhammadiyah.
- Tersusunnya rumusan "Matan Keyakinan dan Cita-Cita hidup Muhammadiyah", yaitu suatu rumusan pokok-pokok agama Islam secara sederhana, tetapi menyeluruh.
Dalam bidang pendidikan, usaha yang ditempuh Muhammadiyah
meliputi:
- mendirikan sekolah-sekolah umum dengan memasukkan ke dalamnya ilmu-ilmu
keagamaan, dan
- mendirikan madrasah-madrasah yang juga diberi pendidikan pengajaran ilmu-ilmu pengetahuan umum.
Dengan usaha perpaduan tersebut, tidak ada lagi pembedaan mana
ilmu agama dan ilmu umum. Semuanya adalah perintah dan dalam naungan agama.
Dalam bidang kemasyarakatan, usaha-usaha yang telah dilakukan
Muhammadiyah meliputi:
- Mendirikan rumah-rumah sakit modern, lengkap dengan segala peralatan,
membangun balai-balai pengobatan, rumah bersalin, apotek, dan sebagainya.
- Mendirikan panti-panti asuhan anak yatim, baik putra maupun putri untuk
menyantuni mereka.
- Mendirikan perusahaan percetakan, penerbitan, dan toko buku yang banyak
memublikasikan majalah-majalah, brosur dan buku-buku yang sangat membantu
penyebarluasan paham-paham keagamaan, ilmu, dan kebudayaan Islam.
- Pengusahaan dana bantuan hari tua, yaitu dana yang diberikan pada saat
seseorang tidak lagi bisa abekerja karena usia telah tua atau cacat jasmani.
- Memberikan bimbingan dan penyuluhan keluarga mengenai hidup sepanjang tuntunan Ilahi.
Dalam bidang politik, usaha-usaha Muhammadiyah meliputi:
- Menentang pemerintah Hindia Belanda yang mewajibkan pajak atas ibadah
kurban. Hal ini berhasil dibebaskan.
- Pengadilan agama di zaman kolonial berada dalam kekuasaan penjajah yang
tentu saja beragama Kristen. Agar urusan agama di Indonesia, yang sebagian besar
penduduknya beragama Islam, juga dipegang oleh orang Islam, Muhammadiyah
berjuang ke arah cita-cita itu.
- Ikut memelopori berdirinya Partai Islam Indonesia. Pada tahun 1945 termasuk
menjadi pendukung utama berdirinya partai Islam Masyumi dengan gedung Madrasah
Mu'alimin Muhammadiyah Yogyakarta sebagai tempat kelahirannya.
- Ikut menanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air Indonesia di kalangan
umat Islam Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam
tabligh-tablighnya, dalam khotbah ataupun tulisan-tulisannya.
- Pada waktu Jepang berkuasa di Indonesia, pernah seluruh bangsa Indonesia
diperintahkan untuk menyembah dewa matahari, tuhan bangsa Jepang. Muhammadiyah
pun diperintah untuk melakukan Sei-kerei, membungkuk sebagai tanda hormat
kepada Tenno Heika, tiap-tiap pagi sesaat matahari sedang terbit. Muhammadiyah
menolak perintah itu.
- Ikut aktif dalam keanggotaan MIAI (Majelis Islam A'la Indonesia) dan
menyokong sepenuhnya tuntutan Gabungan Politik Indonesia (GAPI) agar Indonesia
mempunyai parlemen di zaman penjajahan. Begitu juga pada kegiatan-kegiatan Islam
Internasional, seperti Konferensi Islam Asia Afrika, Muktamar Masjid se-Dunia,
dan sebagainya, Muhammadiyah ikut aktif di dalamnya.
- Pada saat partai politik yang bisa amenyalurkan cita-cita perjuangan Muhammadiyah tidak ada, Muhammadiyah tampil sebagai gerakan dakwah Islam yang sekaligus mempunyai fungsi politik riil. Pada saat itu, tahun 1966/1967, Muhammadiyah dikenal sebagai ormaspol, yaitu organisasi kemasyarakatan yang juga berfungsi sebagai partai politik.
Dengan semakin luasnya usaha-usaha yang dilakukan oleh
Muhammadiyah, dibentuklah kesatuan-kesatuan kerja yang berkedudukan sebagai
badan pembantu pemimpin persyarikatan. Kesatuan-kesatuan kerja tersebut berupa
majelis-majelis dan badan-badan. Selain majelis dan lembaga, terdapat organisasi
otonom, yaitu organisasi yang bernaung di bawah organisasi induk, dengan amasih
tetap memiliki kewenangan untuk mengatur rumah tangganya sendiri. Dalam
persyarikatan Muhammadiyah, organisasi otonom (Ortom) ini ada beberapa buah,
yaitu:
- 'Aisyiyah
- Nasyiatul 'Aisyiyah
- Pemuda Muhammadiyah
- Ikatan Remaja Muhammadiyah (IRM)
- Ikatan Mahasiswa Muhamadiyyah (IMM)
- Tapak Suci Putra Muhamadiyah
- Gerakan Kepanduan Hizbul-Wathan
Organisasi-organisasi otonom tersebut termasuk kelompok
Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM). Keenam organisasi otonom ini berkewajiban
mengemban fungsi sebagai pelopor, pelangsung, dan penyempurna amal usaha
Muhammadiyah.
Periode Kepemimpinan Muhammadiyah
- K.H. Ahmad Dahlan (1912 -- 1923)
- K.H. Ibrahim (1923 -- 1932)
- K.H. Hisyam (1932 -- 1936)
- K.H. Mas Mansur (1936 -- 1942)
- Ki Bagus Hadikusumo (1942 -- 1953)
- A.R. Sutan Mansyur (1952 -- 1959)
- H.M. Yunus Anis (1959 -- 1968)
- K.H. Ahmad Badawi (1962 -- 1968)
- K.H. Fakih Usman/H.A.R. Fakhrudin (1968 -- 1971)
- K.H. Abdur Razak Fakhruddin (1971 -- 1990)
- K.H. A. Azhar Basyir, M.A. (1990 -- 1995)
- Prof. Dr. H.M. Amien Rais/Prof. Dr. H.A. Syafi'i Maarif (1995 -- 2000)
- Prof. Dr. H.A. Syafi'i Maarif (2000 -- 2005)
Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah
(Keputusan Tanwir tahun 1969 di Ponorogo)
(Keputusan Tanwir tahun 1969 di Ponorogo)
- Muhammadiyah adalah gerakan berasas Islam, bercita-cita dan bekerja untuk
terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, untuk melaksanakan fungsi
dan misi manusia sebagai hamba dan khalifah Allah di muka bumi.
- Muhammadiyah berkeyakinan bahwa Islam adalah agama Allah yang diwahyukan
kepada rasul-Nya, sejak Nabi Adam, Ibrahim, Musa, Isa dan seterusnya sampai
kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, sebagai hidayah dan rahmat
Allah kepada umat manusia sepanjang masa dan menjamin kesejahteraan hidup
materiil dan spirituil, duniawi dan ukhrawi.
- Muhammadiyah dalam mengamalkan Islam berdasarkan:
- Alquran: kitab Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu
'alaihi wa sallam.
- Sunnah Rasul: penjelasan dan pelaksanaan ajaran-ajaran Alquran yang diberikan oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam dengan menggunakan akal pikiran sesuai dengan jiwa ajaran Islam.
- Alquran: kitab Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu
'alaihi wa sallam.
- Muhammadiyah bekerja untuk teraksananya ajaran-ajaran Islam yang meliuti
bidang-bidang:
- Akidah
- Akhlak
- Ibadah
- Muamalah Duniawiyah
- Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya akidah Islam yang murni, bersih dari
gejala-gejala kemusyrikan, bid'ah, dan khurafat, tanpa mengabaikan prinsip
toleransi menurut ajaran Islam.
- Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya nilai-nilai akhlak mulia dengan
berpedoman kepada ajaran-ajaran Alquran dan Sunnah Rasul, tidak bersendi kepada
nilai-nilai ciptaan manusia.
- Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya ibadah yang dituntunkan oleh Rasulullah
Shallallahu 'alaihi wa sallam tanpa tambahan dan perubahan dari manusia.
- Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya muamalat duniawiyat (pengolahan dunia dan pembinaan masyarakat) dengan berdasarkan ajaran agama serta menjadikan semua kegiatan dalam bidang ini sebagai ibadah kepada Allah SWT.
- Akidah
- Muhammadiyah mengajak segenap lapisan bangsa Indonesia yang telah mendapat
karunia Allah berupa tanah air yang mempunyai sumber-sumber kekayaan,
kemerdekaan bangsa dan negara Republik Indonesia yang berfilsafat Pancasila,
untuk berusaha bersama-sama menjadikan suatu negara yang adil, makmur dan
diridhai Allah SWT.
Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.
(Catatan: Rumusan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah tersebut telah mendapat perubahan dan perbaikan oleh PP Muhammadiyah atas kuasa Tanwir tahun 1970 di Yogyakarta).
Sumber: Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam dalam Perspektif
Historis dan Idiologis, Drs. H. Musthafa Kamal Pasha, B.Ed dan Drs. H. Ahmad
Adaby Darban, S.U.
Bermanfaat gan, buat referensi makalah gue.. thankyu..
ReplyDeleteSilakan, makasih kunjungannya..
ReplyDelete